Apa Keuntungan dan Kerugian Jual beli rumah tanpa perantara?

Menjual atau membeli rumah memerlukan teknik khusus, terutama dalam cara memasarkannya. Terdapat dua pilihan ketika melakukan jual beli rumah, yaitu melalui perantara dan tanpa melalui perantara. Menjual rumah dengan perantara ini seperti meminta bantuan agen properti atau real estate untuk menemukan pelangga. Ketika Anda memutuskan untuk melakukan jual beli rumah tanpa perantara, perhatikan dulu keuntungan dan kerugian yang akan Anda dapat.

Keuntungan tanpa menggunakan perantara:

  • Penjual dan pembeli dapat bertemu secara langsung. Pembeli bisa datang untuk melihat rumah yang dijual dan berbicara langsung dengan penjual. Pembeli dapat mengetahui kondisi rumah secara lebih lengkap baik keunggulan dan kekurangan rumah.
  • Tidak perlu membayar jasa perantara. Jasa agen properti dapat dibilang mahal sehingga akan mengurangi keuntungan penjualan. Jika menjual rumah tanpa perantara seluruh hasil penjualan menjadi milik Anda.
  • Lebih aman dari penipuan. Ada agen properti yang memanfaatkan keadaan untuk mendapatkan untung lebih. Terutama ketika mereka membawa surat-surat penting rumah Anda, ada kemungkinan mereka bisa menipu dan membawa lari surat-surat penting.
  • Bebas mengubah harga rumah dan melakukan tawar menawar. Ketika Anda melakukan jual beli tanpa perantara Anda bisa menaikkan harga sewaktu-waktu karena tidak terikat dengan agen apapun.

Kekurangan jual beli tanpa perantara:

  • Terjual lebih lama. Kemampuan dalam memasarkan rumah masih kurang dibandingkan dengan agen. Selain itu, agen properti biasanya sudah memiliki target pelanggan sedangkan Anda benar-benar tidak tahu siapa yang akan menjadi pembeli. Kurangnya pemasaran atau iklan sebuah rumah membuatnya lebih lama laku.
  • Mempersiapkan surat jual beli sendiri. Ketika Anda memutuskan untu jual beli sendiri, berarti Anda juga harus menyiapkan berkas dan suratnya sendiri.
  • Tidak mendapatkan harga yang sesuai. Kurangnya kemampuan negosiasi yang dimiliki membuat Anda kalah tawar menawar dan mendapat harga yang tidak cocok.

Memilih melakukan jual beli rumah tidak menggunakan perantara ada kurang dan lebihnya. Satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah memperbaiki kekukarangan tersebut. Tentu saja pengalaman dan belajar memasarkan serta bernegosiasi menjadi kunci paling penting.

Cara mengurus AJB dalam jual beli rumah