Judul buku dan majalah untuk mencari nama bayi perempuan

Sembari menunggu kehadiran sang buah hati, orang tua biasanya dipusingkan dengan memilih nama yang paling indah. Bahkan menentukan nama bayi dianggap jauh lebih sulit dibanding menyiapkan hal-hal lainnya. Wajar, karena nama adalah sesuatu yang akan senantiasa melekat dan menjadi warisan dari sang orang tua kepada anak kelak. Nama juga menjadi doa yang akan selalu menjaga sang anak dari ancaman kehidupan kelak. Berbagai cara dan upaya pun dilakukan orang tua demi memberikan nama terbaik bagi sang anak.

Langkah-Langkah Mencari Nama Bayi Terbaik

Intinya, dalam menentukan nama bayi terbaik ada ada 3 langkah utama yang harus dilalui. Ketiganya antara lain fase eksplorasi, fase penyempitan ide lalu fase penentuan nama bayi atau seleksi. Sayangnya, fase ini dilakoni secara acak. Misalnya saat sudah nyaris menentukan nama, kita justru mendapat ide baru dan malah melakukan eksplorasi kembali. Tentu saja hal ini tidak efisien sehingga Anda pun harus konsisten pada pilihan yang disepakati. Memudahkan melakukannya, Anda bisa mencoba;

  1. Catatlah tiap ide yang terbersit; apapun yang terlintas dalam pikiran, amankan pada secarik kertas atau di dalam notes HP. Ide ini bisa dijadikan alternatif cara menentukan nama yang mungkin digunakan
  2. Internet; tentu saja cara yang dimaksuda adalah memanfaatkan mesin pencari internet untuk mengecek kosakata tertentu
  3. Subtitusi huruf sebagian; untuk mendapatkan nama baru yang unik, Anda bisa memanfaatkan nama yang ditemukan namun diganti satu atau beberapa hurufnya.
  4. Perhatikan panjang nama; umumnya 4 kata dalam sebuah nama sudah tergolong kepanjangan. Pikirkan 1 atau 2 kata saja sementara kata yang ketiga adalah nama keluarga.
  5. Nama panggilan; jika nama depan memuat 2 suku kata atau lebih, pikirkan juga yang mana nama panggilannya.
  6. Pelafalan; orang lebih suka nama yang mudah dipahami otak. Nama yang sederhana cenderung menghasilkan performa yang lebih baik di otak baik sang anak maupun mereka yang akan memanggilnya.
  7. Adakah artian negatif di bahasa lain; tak jarang, sebuah namaternyata memiliki arti yang berbeda dalam bahasa lain. Maka dari itu berhati-hatilah.
  8. Jelaskan gender; memberinama ‘feminin’ bagi anak laki-laki dan sebaliknya bisa membuat mereka menjadi bahan ledekan.
  9. Hindari mirip konotasi negatif; cermati apakah pilihan untuk nama anak tadi mungkin “diplesetkan” sehingga menjadi bahan olok-olok.
  10. Pastikan anak menyukainya; nama yang baik menunjang rasa percaya diri anak. Sementara nama yang buruk bisa berujung bahan ledekan dan bully. Kita wajib memilihkan nama terbaik agar ia menyukai namanya kelak.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan para orang tua, mulai dari berburu judul buku dan majalah untuk mencari nama bayi perempuan dan laki-laki, mencari di internet, bertanya kepada orang tua (kakek-nenek) atau bahkan menemui ahli bahasa untuk mendapatkan nama-nama pilihan bagi bayi mereka. Tidak masalah selama nama yang diberikan tersebut baik dan mengandung makna doa dari orang tuanya.

Tips memilih nama bayi perempuan kembar