Mengapa timbul serbuk halus kabur pada permukaan kombinasi warna cat rumah?

Mungkin Anda pernah menembukan cat dinding pada permukaan kombinasi warna yang berubah menjadi serbuk halus. Serbuk ini biasa disebut kapur, ketika Anda menyentuhnya maka serbuk tersebut akan menempel ke tangan Anda. Mengapa timbul serbuk halus kabur pada permukaan kombinasi warna cat rumah? Berikut ini beberapa penyebabnya:

– cat tidak tahan panas

Cuaca adalah penyebab paling utama dari cat yang menimbulkan serbuk halus. Cuaca panas membuat cat mudah mengapur sehingga ketika di sentuh cat akan menempel di tangan. Ini juga bisa terjadi karena panas matahari terhadap cat. Cat yang tidak sesuai ketika terkena paparan sinar matahari terlalu lama akan menyebabkan timbulnya serbuk. Salah satu solusinya adalah menggunakan cat yang tahan terhadap panas dan cuaca.

– cat terlalu encer

Ketika cat yang diaplikasikan ke permukaan dinding berkombinasi warna terlalu encer maka cat tersebut tidak bisa membentuk lapisan film. Lapisan film adalah lapisan paling luar yang menjaga cat tetap awet. Jika lapisan film tidak terbentuk maka cat akan berubah menjadi sebuk halus kabur.

– dinding yang masih baru

Dinding yang baru saja jadi atau baru dibangun masih mengandung banyak garam alkali. Kesalahan yang sering terjadi adalah langsung mengecat dinding yang masih agak basah. Padahal garam alkali tidak baik untuk cat dan ketika cat terkena garam alkali maka akan memudar dan menjadi serbuk halus saat kering. Kesalahan ini sangat sering terjadi karena ingin cepat-cepat jadi atau merasa dinding sudah kering padahal belum. Maka dari itu, sebelum melakukan pengecatan penting untuk mengetahui apakah dinding sudah benar-benar kering dan siap dicat.

– salah menggunakan cat

Kesalahan pemilihan cat juga bisa jadi penyebab cat yang mengapur menjadi serbuk halus. Tahukah Anda bahwa cat secara garis besar ada dua macam? Yaitu cat interior dan car ekterior, dimana cat interior berguna untuk mengecat bagian dalam rumah sedangkan cat eksterior untuk mengecat bagian luar rumah. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri, misalnya cat interior tahan jamur tapi tidak tahan panas. Ini yang membuat cat interior akan menjadi serbuk halus ketika digunakan untuk mengecat bagian luar rumah.

Sebab brush mark pada kombinasi warna cat rumah